Seni Kriya

Seni Kriya
Mungkin para user sudah pernah baca apa itu seni kriya baik itu dari website-website yang lain maupun dari para blogger, yang ingin admin sampaikan di sini ialah menyimpulkan semua makna, pengertian ataupun arti dari seni kriya tersebut.
Seni kriya menurut www.bilvapedia.com seni kriya adalah seni rupa murni berwujud dua atau tiga dimensi, baik yang memiliki guna praktis maupun guna hias. Seni kriya menggunakan bahan-bahan bebas sepanjang bahan-bahan tersebut dapat di gunakan untuk membuat karya. Contoh kursi berukir.
Arti seni kriya menurut www.lahiya.com ini datang dari kata krya (bhs snskrta) yang bermakna mengerjakan dari akar kata itu setelah itu beralih jadi kata kriya, karya, kerja. Dalam artian khusus yaitu kerjakan suatu hal untuk merubah satu benda atau objek.
Dan yang terakhir itu adalah dari situs www.tandapagar.com yang menuliskan bahwa istilah seni kriya ini berasal dari kata krya (bahasa sanskrta) yang berarti mengerjakan  dari akar kata tersebut selanjutnya berubah menjadi kata kriya, karya, kerja.
Dalam pengertian artihusus yakni, mengerjakan sesuatu untuk mengubah suatu benda atau objek. Sedangkan pada pengertian lain, seluruh hasil tugas termasuk juga beragamketeknikannya dinamakan seni kriya. ( Timbul Haryono, 2002).
Dalam bahasa Indonesia kata kriya adalah pekerjaan (kerajinan tangan). Sedangkan dalam bahasa Inggris dinamakan craft yg mengandung arti  kemampuan atau energi, pengertian lain sebuah ketrampilan bisa di artikan mengerjakan atau menciptakan sesuatu.

Admin menyimpulkan bahwa Arti seni kriya terkenal dari kata krya (bahasa sanskrta) yang berarti mengerjakan dari awal kata itu setelah berganti menjadi kriya, karya dan kerja. Dalam artian khusus yaitu, membuat suatu hal untuk menciptakan satu benda atau objek.

Jenis-jenis seni kriya

Jika para user ingin lebih mengenal apa saja yang berkaitan dengan seni kriya di sini admin akan menjelaskan dengan beragam macam karya yang di ciptakan oleh seni kriya nusantara. Alat-alat karya itu berkategori yang banyak menggunakan alat-alat alami. Semua itu di fungsikan dengan baik. Dari semua seni kriya nusantara tersebut, banyak juga dari para pengrajin yang mempertahankan ciri khas tradisional sesuai dengan tuntutan pasar.

Jenis-jeni alat yang dapat di fungsikan dari seni kriya adalah sebagai berikut:

1.      1. Kriya Kayu

     Kriya kayu adalah suatu bidang seni kriya yang cara membuatnya benda atau mempunyai nilai guna maupun hiasan yang memfungsikan alat-alat dasar kayu.
     Dalam kriya kayu ada pedoman dasar yang biasa menjadi acuan untuk tingkat pemula, sebuah acuan yang harus di kuasai.
     Karena banyaknya kerajinan dari seni kriya ini, diantaranya wayang golek, furniture, topeng, patung dan hiasan ukiran lainnya.

2.     2.  Kriya Tekstil
Pedoman kriya tekstil mempunyai acuan yang cukup luas, karena mengacu berbagai jenis kain yang dapat digunakan, entah itu dengan cara ditenun, diikat dan berbagai cara lain yang dikenal saat memproses pembuatannya.
Pada umumnya kain digunakan dari serat lalu dipintal atau di pilin, sehingga dapat menghasilkan benang panjang yang nanti akan dapat dirajut atau ditenun dan menghasilkan kain yang menyerupai barang jadi.

3.     3.  Kriya keramik
Alat-alat dasar pembuatan keramik adalah tanah liat. Benda yang dibentuknya pun beraneka ragam tapi, tetap menyesuaikan pada setiap bentuk yang akan di olah, antara lain melalui teknik lempeng, pilin, pijit dan biasanya yang orang-orang tahu itu adalah teknik cetak.

4.      4.  Kriya logam
Kriya logam ialah seni kriya yang khusus mengadaptasikan logam menjadi macam benda kerajinan.

5.       5. Kriya kulit
Kriya kulit yaitu jenis karya seni yang beralat dasarnya adalah kulit. Kulit yang bisa di fungsikan pun beraneka ragam, mulai dari kulit sapi, kerbau, kambing, ular dan buaya.

6.       6. Kriya batu
Ternyata batu juga bisa di jadikan alat untuk membuat seni kriya dan bahkan bernilai sangat tinggi. Dari teksturnya yang keras dan condong kaku, untuk dibentuk, ternyata dapat di gunakan menjadi sebuah seni kriya yang indah.
  

No comments:

Post a Comment

Police Story

Perampokan Bank S uatu pagi yang cerah dengan titik matahari yang sangat indah di ufuk timur bandung ini, terdengar suara yang mengg...