Macam-macam Seni Rupa

Menurut pendapat para ahli seni rupa murni, dibagi menjadi berbagai macam sub di antaranya adalah
1.       Seni lukis
seni lukis ialah salah satu cabang dari seni rupa murni dengan mengembangkan proses mengolah bidang dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk nilai estetika guna mendapat kesan tertentu.
2.       Seni Patung
Seni patung adalah suatu karya seni rupa tiga dimensi dengan dibuat menggunakan ekspresi dari jiwa manusia dengan membuat sebuah karya visual yang telah di akui secara khusus sebagai suatu karya seni.
3.       Seni grafis
Seni grafis adalah cabang dari seni rupa murni dengan bercorakkan 2 dimensi melalui pengolahan cetak, teknik seni grafis ini sediri dapat dikerjakan dengan menggunakan teknik menyablon cukil kayu, etsa (pengasaman pada bahan metal).
4.       Seni kriya
Arti seni kriya terkenal dari kata krya (bahasa sanskrta) yang berarti mengerjakan dari awal kata itu setelah berganti menjadi kriya, karya dan kerja. Dalam artian khusus yaitu, membuat suatu hal untuk menciptakan satu benda atau objek.
5.       Seni keramik
Seni keramik merupakan salah satu cabang dari seni rupa murni dengan corak tiga dimensi yang di ciptakan dari bahan tanah liat, kaolin, atau jenis tanah lainnya. Teknik dasar dengan menggunakan cara pengerasannya dibakar.
6.       Seni topeng
topeng adalah suatu alat yang di gunakan pada wajah, seni topeng biasanya di gunakan untuk pementasan atau mengiringi music kesenian.
7.       Desain

Desain terkenal juga dengan sebutan seni terapan, seni terpakai, seni industri, atau seni guna. Tapi seiring kemajuan zaman memasuki abad ke-20, terminologi desain mendapat pelebaran arti, yaitu aktifitas manusia dengan upaya membongkar masalah kebutuhan fisik.

No comments:

Post a Comment

Police Story

Perampokan Bank S uatu pagi yang cerah dengan titik matahari yang sangat indah di ufuk timur bandung ini, terdengar suara yang mengg...