Belajar Not Balok Pada Harmonika

CARA MEMBACA TAB HARMONIKA DIATONIK


Tab harmonika adalah rangkaian petunjuk mengenai lubang mana yang harus Anda tiup/hirup dan bagaimana meniup/hirupnya. Ada 10 lubang pada harmonika diatonik standar sehingga angka 1—10 inilah yang akan Anda lihat dalam tab, sehingga jika Anda menjumpai angka 11 atau 12, bisa jadi tab tersebut bukan untuk jenis diatonik melainkan kromatik.
Selanjutnya, ada tanda minus (-) dan plus (+) pada tab. Kadang tanda plus ditiadakan. Tanda minus berarti Anda harus mengisap lubang yang bersangkutan, sedangkan tanda plus (atau tanpa tanda apapun) berarti Anda harus meniup lubang. Misalnya: -4 berati menghirup lubang 4, dan +10 berarti meniup lubang 10. Lubang ini diurutkan dari nada yang paling rendah (lubang 1) hingga yang paling tinggi (lubang 10).
Jika ada tanda petik (‘), berarti Anda harus melakukan bending. Bending adalah menurunkan nada. Tiap lubang memiliki ketentuan sendiri mengenai bending. Misalnya, lubang 4 dapat dibending setengah nada (bending 1 level) dengan dihirup dengan cara tertentu. Lubang 3 dapat dibending satu setengah nada (jadi Anda harus membending 3 level). Lubang 8 dapat dibending setengah nada, tapi dengan ditiup dengan cara tertentu (bukan dihirup). Untuk lebih memudahkan pemahaman Anda mengenai bending beserta contoh suaranya silakan download aplikasi Virtual Harmonica buatan saya disini. Atau Anda dapat melihat video Kak Risky mengenai bending disini. Cara bending telah saya tulis di post berikut ini.
Nah, bending disimbolkan dengan tanda petik (‘) setelah angka. Satu tanda petik berarti bending 1 level (setengah nada), dua tanda petik berarti bending 2 level (satu nada), dan tiga tanda petik berarti bending 3 level (satu setengah nada). Misal: -3” berarti anda harus menghirup lubang 3 sambil menurunkan satu nada. Contoh lain: +8’ berarti Anda harus meniup lubang 8 sambil menurunkan setengah nada. Bending 3 level (satu setengah nada) sendiri jarang ditemukan dalam tab.
Karena blog ini tidak dimaksudkan untuk mempublish tab-tab yang rumit, melainkan hanya lagu-lagu sederhana, maka saya rasa penjelasan tentang membaca tab sudah memadai. Untuk tab lagu-lagu barat, silakan mengunjungi www.harptabs.com. Saya sendiri mengadopsi cara menulis tab dari situs tersebut.    
P.S.: jika Anda ingin menjadi pemain harmonika profesional, berhentilah membaca tab dan belajarlah bermain dengan mengandalkan pendengaran Anda sendiri (ear playing).

sumber
http://belajarharmonika.blogspot.co.id/2013/01/cara-membaca-tab-harmonika-diatonik.html

No comments:

Post a Comment

Police Story

Perampokan Bank S uatu pagi yang cerah dengan titik matahari yang sangat indah di ufuk timur bandung ini, terdengar suara yang mengg...