Sastra

Sastra
Mungkin para user sudah pernah baca apa itu sastra baik itu dari website-website yang lain maupun dari para blogger, yang ingin admin sampaikan di sini hanya kesimpulan dari semua makna, pengertian ataupun arti dari sastra tersebut.
Makna pertama tentang sastra admin ambil dari situs https://id.wikipedia.org/wiki/Sastra sastra merupakan kata serapan dari bahasa sanskerta sastra yang berarti teks yang mengandung “instruksi” atau “pedoman”, dari kata dasar sas yang berarti “instruksi” atau “ajaran” dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada “kesusastraan” atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.
Makna yang kedua admin ambil di situs https://asemmanis.wordpress.com/2009/10/03/pengertian-sastra-secara-umum-dan-menurut-para-ahli/ ada berbagai macam pengertian di dalam situs ini yang pertama itu dari
Mursal Esten (1978 : 9)
menyatakan bahwa sastra atau kesusastraan adalah pengungkapan dari fakta artistic dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia dan masyarakat melalui bahasa sebagai medium dan memiliki efek yang positif terhadap kehidupan manusia.
Menurut Panuti Sudjiman (1986 : 68)
Sastra sebagai karya lisan atau tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinilan, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya
Menurut Semi (1988 : 8)
Sastra. adalah suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif yang objeknya adalah manusia dan kehidupannya menggunakan bahasa sebagai mediumnya.
Ahmad Badrun (1983 : 16)
Kesusastraan adalah kegiatan seni yang mempergunakan bahasa dan garis simbol-simbol lain sebagai alai, dan bersifat imajinatif.
Eagleton (1988 : 4)
Sastra adalah karya tulisan yang halus (belle letters) adalah karya yang mencatatkan bentuk bahasa. harian dalam berbagai cara dengan bahasa yang dipadatkan, didalamkan, dibelitkan, dipanjangtipiskan dan diterbalikkan, dijadikan ganjil.
Plato
Sastra adalah hasil peniruan atau gambaran dari kenyataan (mimesis). Sebuah karya sastra harus merupakan peneladanan alam semesta dan sekaligus merupakan model kenyataan. Oleh karena itu, nilai sastra semakin rendah dan jauh dari dunia ide.
Aristoteles
Sastra sebagai kegiatan lainnya melalui agama, ilmu pengetahuan dan filsafat.
Robert Scholes (1992: 1)
Tentu saja, sastra itu sebuah kata, bukan sebuah benda
Sapardi (1979: 1)
Memaparkan bahwa sastra itu adalah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medium. Bahasa itu sendiri merupakan ciptaan sosial. Sastra menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri adalah suatu kenyataan social.
Taum (1997: 13)
Sastra adalah karya cipta atau fiksi yang bersifat imajinatif” atau “sastra adalah penggunaan bahasa yang indah dan berguna yang menandakan hal-hal lain”
Sedangkan makna terakhir admin ambil dari situs http://www.artikelsiana.com/2015/04/pengertian-karya-sastra-ciri-ciri-fungsi-sastra.html# yang mengatakan pengertian sastra secara umum adalah suatu karya yang baik itu tulisan dan lisan.
Dari berbagai macam bentuk makna, pengertian, definisi dan arti diatas maka admin akan memberi kesimpulannya bahwa sastra adalah sebuah karya yang dirangkai melalui media tulisan dan lisan yang mempunyai sifat imajinatif atau artistik sehingga menghasilkan keindahan.
Adapun istilah sastra yang kemudian mengalami kemajuan. Kesusastraan tidak sekedar berbentuk tulisan saja, melainkan kesusastraan juga ada yang bersifat lisan. Karya semacam itu kita kenal dengan sastra lisan. Oleh karena itu, kini yang dinamakan dengan kesusastraan mencakup karya sastra lisan dan tertulis dengan ciri khasnya ada pada keindahan bahasanya.

1. Ciri-Ciri Karya Sastra - Sastra mempunyai keistimewaan yang dapat digolongkan atau dikatakan karya sastra. Ciri-ciri karya satra yaitu sebagai berikut...
  • Isinya mengilustrasikan manusia dengan berbagai persoalannya
  • Bahasanya yang indah atau berpola baik 
  • Gaya penyampaiannya luar biasa dan terkesan di hati pembacanya
2. Fungsi Karya Sastra - Dalam menciptakan sebuah karya sastra memiliki fungsi yang bertujuan bagi para pembaca dan pendengar. Fungsi karya sastra adalah sebagai berikut...
  • Fungsi rekreatif adalah memberikan kesangan atau hiburan bagi pembacanya 
  • Fungsi didaktfi adalah memberikan wawasan pengetahuan mengenai seluk-beluk kehidupan manusia bagi pembacanya
  • Fungsi estetis adalah sastra mampu memberikan keindahan pembacanya
  • Fungsi moralitas adalah memberikan pengetahuan bagi pembacanya mengenai moral yang baik dan buruk.
  • Fungsi religius adalah sastra menghadirkan karya yang didalamnya mengandung ajaran agama yang diteladani oleh pembacanya. 

Jadi, yang termasuk dalam kategori Sastra adalah:
·         Novel
·         Cerita/cerpen (tertulis/lisan)
·         Syair
·         Pantun
·         Sandiwara/drama

·         Lukisan/kaligrafi

No comments:

Post a Comment

Police Story

Perampokan Bank S uatu pagi yang cerah dengan titik matahari yang sangat indah di ufuk timur bandung ini, terdengar suara yang mengg...