Seni Keramik

Seni Keramik
Mungkin para user sudah pernah baca apa itu seni keramik baik itu dari website-website yang lain maupun dari para blogger, yang ingin admin sampaikan di sini hanya berusaha  menyimpulkan semua makna, pengertian ataupun arti saja dari seni keramik tersebut.
Makna yang pertama admin ambil dari www.wikipedia.org menyatakan bahwa seni keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer.
Makna yang kedua admin ambil dari situs www.lihatdisini.com yang menyatakan bahwa seni keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk menciptakan sebuah karya seni dan bersifat tradisional hingga kontemporer.
Makna yang ketiga admin ambil dari www.shellaaaach.wordpress.com yang menyatakan suatu kerajinan yang menggunakan bahan baku tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah.
Dari ketiga sumber di atas maka admin bisa menyimpulkan bahwa Seni keramik ialah salah satu cabang seni rupa murni yang mengadaptasikan alat baku tanah liat dengan cara (di pijit, butsir, pilin, bakar dan glasir) sehingga menjadi suatu materi atau benda hias pakai yang indah.
Tujuan Pembuatan
Membentuk keramik membutuhkan metode-metoda yang khusus dan unik. Hal ini berhubungan dengan karakter tanah liat yang plastis, dimana dibutuhkan penanganan khusus dalam pengerjaannya maupun penggarapannya. Membentuk keramik sangat berlainan dengan pengerjaan kerajinan kayu, logam maupun yang lainnya. Teknik membentuk keramik adalah rangkuman teknik yang panjang, yang didalamnya ada tingkatan-tingkatan yang kritis. Kritis, karena tingkatan ini sangat beresiko terhadap kekecewaan. Tingkatan teknik dalam membentuk keramik saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Teknik permulaan yang diproses dengan baik, akan menciptakan produk yang baik, demikian pula sebaliknya kesalahan ditingkat permulaan teknik maka akan menciptakan produk yang kurang baik.

·         Alat dan bahan
1.       Bahan keramik “Pengikat” Contoh : kaolin, ball clay, fire clay, red clay.
2.        Bahan keramik “Pelebur” Contoh : felspar, kapur.
3.        Bahan keramik “Pengisi” Contoh : silika, grog (samot)
4.        Bahan keramik “Tambahan” Contoh : water glass, talk, pyrophillit
5.       Bahan Keramik Mentah Glasir. (Bahan keramik yang membuat lapisan gelas pada permukaan benda kerajinan keramik setelah melalui proses pembakaran pada suhu tertentu), diantaranya adalah :
6.        bahan keramik tersebut mengandung SiO2 – pasir kuarsa – lempung – felspar
7.       bahan keramik tersebut mengandung oksida basa – potas felspar – batu kapur – soda abu
8.       bahan keramik tersebut mengandung Al2O3 – kaolin – felspar
9.       Bahan tambahan Contoh : bahan pewarna (senyawa cobalt, senyawa besi, senyawa nikel, senyawa chrom dan sebagainya), bahan perekat (gum), bahan penutup (oksida sirkon, oksida seng), bahan pelebur (asam borat, borax, Na2CO3, K2CO3, BaCO3 ,Pb3O4 dan sebagainya), bahan opacifer (SnO2, ZrO dan sebagainya).
  

No comments:

Post a Comment

Police Story

Perampokan Bank S uatu pagi yang cerah dengan titik matahari yang sangat indah di ufuk timur bandung ini, terdengar suara yang mengg...